Pada waktu menggunakan alat dongkrak, utamakan keamanan. Hanya karena kesalahan kecil dapat menyebabkan kecelakaan besar.
Cara Menggunakan Dongkrak
  1. Letakkan ganjalan pada ban-ban belakang apabila bagian depan kendaraan yang diangkat. Sebaliknya, letakkan ganjalan pada ban-ban depan apabila bagian belakang kendaraan yang diangkat.
  2. Dongkrak diletakkan di tempat yang telah ditentukan.
  3. Sebelum dongkrak mulai mengangkat, periksalah sekali lagi apakah tempat pengangkatan kendaraan tepat berada di tengah-tengah sadel dongkrak. Sebab bila tidak, dongkrak dapat slip sewaktu mengangkat kendaraan.
  4. Sebelum mengangkat dan menurunkan kendaraan, periksalah bahwa tidak ada orang atau sesuatu disekitarnya, apabila lagi dibawah kendaraan.
Jangan sekali-kali bekerja di bawah  kendaraan yang hanya ditopang dengan dongkrak saja. Topanglah kendaraan tersebut dengan stand (penopang)
Sebelum mengoperasikan dongkrak Anda harus mengecek hal-hal sebagai berikut:
  • Periksalah sistem hidrolik, pastikan tidak ada kebocoran cairan.
  • Apakah dongkrak tersebut mampu mengangkat beban yang diinginkan.
  • Sadelnya berputar dengan bebas, dan bertahan pada posisinya pada waktu mendongkrak.
  • Apabila dalam  pemeriksaan tersebut ada masalah/ kerusakan, segera lakukan servis/perbaikan sesuai SOP (Standard Operational Prosedurs)
Pemeliharaan :
  • Jagalah kebersihan dongkrak, periksalah bila terdapat kebocoran cairan, berikan cairan hidrolik sampai batas atas bila diperlukan. Teteskan sedikit oli pada roda troli.
  • Dalam penggunaan dongkrak, jangan menahan beban terlalu lama. Gunakanlah jack stand sebagai pengganti dongkrak.
  • Simpanlah dongkrak pada lokasi yang aman di lantai bengkel.
  • Pelajarilah buku manual servis, sebelum menggunakan.
Masalah-masalah yang sering terjadi / timbul kerusakan pada dongkrak adalah :
  1. Terjadi kebocoran pada seal oil.
  2. Pada saat digunakan, tiba-tiba beban turun.
  3. Dongkrak tidak mampu mengangkat beban sesuai dengan spesifikasinya.
  4. Pada sistem hidrolisnya terjadi kebocoran.
  5. Minyak hidrolis kurang.
  6. Viskositas minyak hidrolik rendah/ jelek.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kunjungan Blog

Translate

Free PageRank Checker
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 toko alat teknik di bali -PETRUX- Powered by Blogger - Designed by Suryawiguna -